Minggu, 27 November 2011

Islam di Indonesia

Masuknya Islam di Indonesia tidak lepas dari peran para pedagang baik yang berasal dari Timur Tengah maupun India. Penyebaran Islam juga melalui beberapa cara, seperti melalui media seni, pendidikan, dll.

Anda mungkin sudah tahu bahwa orang-orang yang terkenal yang menyebarkan Islam di Indonesia adalah Wali Songo. Salah satu dari wali(sebutan untuk ulama’/kekasih Allah) itu yang menyebarkan Islam melalui seni adalah Sunan Kalijaga. Dalam Wali Songo, dikenal dua golongan yakni golongan putih dan golongan merah(abangan). Adapun golongan putih dipelopori oleh Sunan Giri, sedangkan golongan abangan dipelopori oleh Sunan Kalijaga. Golongan putih, berpendapat bahwa dalam penyebaran islam kita tidak perlu memakai pendekatan adat atau budaya, sedangkan golongan abangan, dalam hal ini Sunan Kalijaga berpendapat bahwa dalam hal penyebaran Islam kita mulai dari pendekatan adat. Maka tak heran media yang digunakan oleh Sunan Kalijaga dalam menyebarkan Islam salah satunya adalah seni. Selain dikenal sebagai pencipta syair “Lir-Ilir”, beliau juga dikenal sebagai pelopor pewayangan yang islami, karena beliau menyebarkan Islam salah satunya melalui media ini.

Salah satu caranya beliau membuka pentas perwayangan, dan sebagai tiketnya beliau meminta kepada pengunjung untuk mengucapkan kalimat syahadat. Mungkin anda telah mengenal acara peringatan kematian, hari ke-7, ke-40, bahkan ke-100. Sebelumnya dalam acara tersebut, dilakukan pesta mabuk-mabukan, menari, dll, tetapi oleh beliau dirubah dengan mengadakan do'a untuk orang yang meninggal tersebut. Memang bagi sebagian kalangan acara tersebut tidak diperbolehkan, tetapi ada juga yang memperbolehkannya. Inilah uniknya agama islam di Indonesia, karena sudah kita ketahui bersama Indonesia terdiri dari berbagai suku dan budaya, maka tidak lepas dari itu banyak sekali adat-adat kedaerahan yang masih melekat walaupun sedikit mengalami perubahan. Sebagai umat islam kita harus saling menghormati perbedaan, jangan sampai kita bercerai-berai lantaran adanya sedikit perbedaan tersebut, eratkan ukhuwah di antara kita

2 komentar:

  1. wah, sayang isinya cuma mengenai Sunan Kalijogo padahal judulnya mengenai Islam di Indonesia

    BalasHapus

Mari kita biasakan untuk tidak COPAS, dan tinggalkan komentar untuk blog ini. Terima kasih