Sabtu, 26 November 2011

KI ( Keterampilan Interpersonal )

KI(keterampilan interpersonal) adalah salah satu mata kuliah wajib pada semester pertama bagi mahasiswa jurusan Sistem Informasi ITS(Institut Teknologi Sepuluh November). Mata kuliah ini sangatlah berbeda dengan mata kuliah lain, mengapa?, dikarenakan mata kuliah ini mengajarkan tentang pengembangan kemampuan diri. Untuk lebih jelasnya, akan saya jelaskan satu persatu.

Mata kuliah ini dibagi menjadi dua kegiatan, di dalam kelas dan di luar kelas. Untuk yang di dalam kelas adalah materi-materi, sedangkan yang di luar kelas adalah praktek langsung. Dan juga mata kuliah ini diajar oleh tiga dosen yang berbeda pula, untuk yang di dalam kelas selama 4 minggu diajar oleh ibu Erma, beliau mengajarkan tentang cara efektif belajar dari mulai cara membaca yang efektif dan efisien dan sebagainya, dan diakhir pertemuan diberi tuga membuat mind map atau pete pikiran dari materi yang diajarkan. Selanjutnya selama 6 minggu diajar oleh bapak Soliq, beliau mengajarkan tentang cara membuat tulisan yang baik dan disukai pembaca atau dalam bahasa gaulnya disebut sebagai tulisan populer. Ada saat yang berkesan yaitu saat diadakan acara kuliah tamu yang mengundang orang yang sudah bergelut dalam dunia penulisan, yaitu bapak Rudi. Dan seperti mata kuliah yang lain, mata kuliah ini juga memberikan tugas yaitu membuat blog, dan dalam blog tersebut harus memuat minimal 30 tulisan, dari tulisan tersebut harus memuat opini, reportse, dan resensi. Dan tulisan ini adalah salah satunya. Kembali lagi ke mata kuliah KI, kemudian selam 10 minggu diajar oleh bapak Kholil, berhubung ketika tulisan ini dibuat masih belum masuk ke mata kuliah tersebut, maka penulis tidak dapat menceritakan detailnya. Selanjutnya, mengenai kelas yang berada di luar. Dalam kegiatan ini terdiri dari dua kelas, dan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil. Kemudian dari setap kelompok akan diberikan masalah-masalah yang kemudian akan diselesaikan juga harus mencari pembelajaran dari kegiatan yang dilakukan, dan dari kegiatan ini setiap anak harus membuat pembelajarannya, pembelajarannya diketik dan dicetak ini adalah contoh dari lembar pembelajarannya:
Contoh Lembar Pembelajaran KI


Contoh Lembar Pembelajaran KI
Dan pastinya ada tugas yang menunggu, adapun tugas yang pernah diberikan yaitu membuat drama dengan tema yang sudah ditentukan. Kegiatan ini dilakukan perkelompok jadi setiap kelompok menampilkan drama yang berbeda pula. Dari kegiatan yang satu ini memberikan manfaat yang sangat besar sekali.
Banyak sekali pendapat mengenai mata kuliah ini. Menurut hemat saya mata kuliah ini sangat bermanfaat dalam pengembangan diri dalam melatih kemampuan serta keterampilan dir. Dan mata kuliah ini menurut saya hanya ada di Sistem Informasi ITS, karena jurusan IT yang ada mata kuliah ini hanya di ITS yaitu di Jurusan Sistem Informasi ITS.

2 komentar:

Mari kita biasakan untuk tidak COPAS, dan tinggalkan komentar untuk blog ini. Terima kasih