Rabu, 21 Desember 2011

GengSI, gengnya anak SI ITS

Dari mata memandang, terlihat bangunan yang cukup tua berdiri kokoh di lingkungan kampus ITS. Penampakannya pun tak sebegitu menarik dilihat dari luar, itulah keadaan kampus SI(Sistem Informasi). SI adalah salah satu dari sekian jurusan yang ada di ITS, SI sendiri baru berdiri pada tahun 2001, bisa dikatakan jurusan ini masih muda. Memang jurusan SI di ITS, adalah jurusan pertama yang ada di Indonesia. Mungkin masih banyak yang salah menganggap SI, oleh karena itu saya akan sedikit menceritakan tentang SI khususnya di SI ITS.

SI adalah salah satu jurusan yang bergerak dalam bidang IT, namun tidak seperti jurusan IT yang lain SI lebih menekankan pada manajemen IT, jadi diharapkan lulusan dari SI dapat menjadi manajer atau analis serta konsultan IT.

Semboyan SI adalah "They built IT, We make fortune of IT"  yang intinya biarkan orang-orang membuat IT, kitalah yang akan ambil untungnya, maksudnya kita tidak perlu susah payah membuat IT, namun kita yang memanajemennya.

Kita mulai cerita kali ini dari kondisi kampus, kampus SI adalah bekas kampus Tehnik Informatika. Memang dulunya Tehnik Informatika dan SI dijadikan satu dalam satu kampus, namun seiring berjalannya waktu, dengan bertambahnya mahasiswa baik di SI dan Tehnik Informatika, maka didirikan gedung baru untuk Tehnik Informatika. Kondisi bangunan di kampus SI masih tetap berdiri kokoh. Fasilitasnya pun lumayan lengkap namun sangat disayangkan kampus SI berseberangan dengan Tehnik Industri dan D3 Mesin, tak heran jika ditemui lalu-lalang mahasiswa Tehnik Industri dan D3 Mesin, ya memang beginilah nasib jurusan SI. Fasilitas yang mungkin tidak dimiliki jurusan lain adalah dengan adanya plaza, ini bukan bukan plaza mall atau toko yang besar, namun plaza di sini adalah tempat seperti taman tempat bekumpul dan disertai panggung kecil, dan di tempat inilah kegiatan-kegiatan mahasiswa berada, dari diskusi biasa sampai acara resmi sekalipun. Namun ada satu titik yang masih belum diamanfaatkan secara maksimal yaitu, lapangan voli, lapangan ini sudah hampir tidak terpakai, sehingga kondisinya pun sudah memprihatinkan.

Masalah mata kuliah, di SI ada salah satu mata kuliah yang sangat menarik yaitu KI, Keterampilan Interpersonal. Mata kuliah ini memiliki target agar mahasiswanya menjadi pribadi yang unggul. Ada juga belajar tentang bisnis, memang karena SI adalah manajemen IT, oleh karena itu ada pelajaran bisnis.

Ada yang baru di SI, yaitu Kajur(ketua jurusan) baru Pak Ian nama akrabnya, beliau baru terpilih beberapa bulan yang lalu, dengan bergantinya beliau banyak fasilitas yang diperbaiki dan ditambah, salah satunya dengan adanya perbaikan tempat parkir, pembangunan tempat diskusi. Akhirnya, di akhir tulisan ini, kami berharap sebagai mahasiswa semoga dengan bergantinya Kajur membawa SI menjadi lebih baik lagi. Amin...

9 komentar:

Mari kita biasakan untuk tidak COPAS, dan tinggalkan komentar untuk blog ini. Terima kasih