Sabtu, 17 Desember 2011

Keres, Selain Manis Bermanfaat Pula

Keres atau Kersen adalah tanaman yang tidak asing lagi bagi kita, biasanya tanaman ini sengaja ditanam di sekitar jalan sebagai peneduh jalan, sebagai pengurang polusi udara karena menurut penelitian pohon ini mampu menyerap polusi berlebihan di udara dan tahan dengan kekeringan, polusi dengan kadar yang tinggi.Pohon keres tidak membutuhkan tempat atau habitat khusus untuk  tumbuh, bahkan di retakan tembok, jalan pun tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang.

Kersen atau talok adalah nama sejenis pohon dan buahnya yang kecil dan manis. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untuk buah bernama ceri yang lain, lihat pada: ceri). Di Lumajang, anak-anak menyebutnya baleci.
Tanaman Keres Tumbuh di Retakan Tembok

Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah: datiles, aratiles, manzanitas (Filipina), mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, Singapore cherry (Inggris) dan nama yang tidak tepat, Japanse kers (Belanda), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia. Nama ilmiahnya adalah Muntingia calabura L.


Burung Pemakan Keres
Rasa dari buah keres sangatlah manis, buah keres memiliki warna merah, kuning, hijau. Warna ini menggambarkan tingkat kemanisan dari buah ini. Pertama, warna hijau, warna ini menunjukkan bahwa buah ini masih muda dan rasanya masih hambar. Kedua, warna kuning, menunjukkan rasanya agak manis. Ketiga, warna merah, menunjukkan rasanya sangat manis, semakin warna merahnya semakin tua maka rasanya sangat manis. Namun herannya, mengapa orang-orang tidak banyak yang memanfaatkannya, saya lihat di berbagai tempat, buah keres yang merah-merah berjatuhan tidak dimanfaatkan. Walaupun ada juga burung yang memakan buah ini tetapi tetapa saja masih banyak yang belum dimanfaatkan.

Keres atau Kersen adalah buah asli dari Benua Amerika yang ditanam oleh orang Belanda, dengan nama Kers ato Cery bahasa Inggrisnya Jamaica Cherry sedangkan nama ilmiahnya Muntingia Calabura. Dengan kata lain termasuk dalam Family Strawberry. Orang Indonesia menyebutnya dengan nama Cery jawa, Kersen atau Keres.Selain rasanya yg manis, buah keres mempunyai manfaat untuk obat asam urat.

Kersen atau keres, pohonnya lumayan tinggi, awalnya tumbuh semai liar di tepi jalan, selokan atau di kebun kita. Tumbuh dengan cepat (biasanya dibiarkan saja) membesar sebagai pohon naungan. Walau sekarang banyak dipakai hanya sebagai tanaman peneduh, sebenarnya tanaman ini mempunyai manfaat kesehatan yang sangat berguna.

Jus buah kersen, bahkan memiliki kandungan yang lebih baik daripada minuman isotonik yang telah menyebar dipasaran keluaran pabrik. Jus keres dikatakan memiliki kandungan yang lebih dibutuhkan seorang atlet, yaitu untuk mencegah cendera otot saat beraktivitas.

 Beberapa kandungan yang dipunyai buah kersen adalah setiap 100 gram bagian buah yang dapat dimakan kira-kira mengandung;
Air = 77,8 gram
Protein = 0,324 gram
Lemak = 1,56 gram
Karbohidrat = 17,9 gram
Serat = 4,6 gram
Kalsium = 124,6 gram
Fosfor = 84 gram
Besi = 1,18 gram
Karoten = 0,019 gram
Thianin = 0,065 gram
Riboflavin = 0,019 gram
Citamin C = 80,5 mg
Nilai Energinya = 380 kJ/100 gram.

Di Indonesia, banyak juga masyarakat yang menggunakan buah ini secara tradisional untuk mengobati penyakit asam urat. Biasanya apabila serangan datang, mereka mengkonsumsi buah kersen 9 butir, tiga kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Sedangkan untuk daun kersen, secara tradisional telah lama digunakan di Peru dengan pemakaian seperti mengkonsumsi teh (dibuat seduhan atau rebusan) untuk menghilangkan rasa sakit seperti sakit kepala dan juga antiradang.

 Berikut adalah Data Ilmiah tentang Keres:

1. Antiseptik
Rebusan daun keres ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun keres terbukti dapat membunuh bakteri C.Diptheriae, S.Aureus, P.Vulgaris, S.Epidemidis, dan K.Rhizophil. Diduga aktivitas bakteri dari daun kersen ini karena adanya kandungan seperti tanin, Flavonoids dan Saponin yang dipunyainya.

 2. Anti-inflamasi
Rebusan daun keres juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (anti-inflamasi) dan juga menurunkan panas.

 3. Antitumor
Daun keres dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, kandungan senyawa Flavonoid yang dipunyai daun keres ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara laboratoris.

Sumber:
http://id-id.facebook.com/notes/erryk-kusbandhono/manfaat-daun-buah-keres-kersen/10150378018513571
http://sepung.blogdetik.com/2011/11/17/asam-urat-bisa-sembuh-dengan-makan-buah-keres/
http://id.wikipedia.org/wiki/Kersen

14 komentar:

  1. mantap bang zay, saking enaknya saya pernah lupa ga sengaja makan buah kersen pas puasa ckckck

    BalasHapus
  2. eh seriuuuss???
    wah, ini buah paporit jalanan ane
    jadi makin semangat makan kalo ada manpaatnya kayak gini..haha

    BalasHapus
  3. @Aldo: Itu bukan lupa mas aldo, tapi napsu
    @zwharei: Di SI banyak tu.... sekalian bawa kantong plastik..

    BalasHapus
  4. Wah, bisa jadi ladang bisnis nih *mata ijo

    BalasHapus
  5. @Fiizhtan: Ayo buat bisnis bareng tp diteliti dulu kersennya sampai bnr2 diketahui kandungan pentingnya,

    Tipe pengusaha peka terhadap kesempatan

    BalasHapus
  6. klo di tempatku itu namane widoro

    BalasHapus
  7. @wordqwordmu: widoro itu bukannya daun yg bisa dibuat sayur itu ya..

    BalasHapus
  8. buah dari masa dulu sampe sekarang yang g pernah ngebosenin....

    BalasHapus
  9. zwharei jare
    XD
    iyo, apalagi di TC
    bahagia paleng mas kalo aku bisa kuliah di TC, sugih keres..haha

    BalasHapus
  10. @zwharei: Hati2 kbnyakan bisa mencret

    BalasHapus
  11. makash infonya.....:)

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, selain herbal yang disebutkan di artikel ini, ada jg daun insulin (daun yakon) juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Apalagi jika daun insulin (daun yakon) dikombinasi dengan herbal sambiloto dan meniran, semua dalam satu kapsul jadi kapsul yakon plus...

    untuk info jelasnya... Klik aja >>

    http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus/

    Atau langsung pesan ke Ryan 0813-80-262524 (SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    BalasHapus
  13. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus

Mari kita biasakan untuk tidak COPAS, dan tinggalkan komentar untuk blog ini. Terima kasih