Minggu, 18 Desember 2011

Tikus Makan Sabun?

Tikus diidentikkan dengan sesuatu yang kotor, namun tak semua tikus seperti itu buktinya banyak orang yang memelihara tikus. Memang tikus yang biasa dipelihara manusia adalah jenis yang lain dari tikus yang biasa kita lihat di selokan, tempat sampah, dan tempat lainnya.


Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Spesies tikus yang paling dikenal adalah mencit (Mus spp.) serta tikus got (Rattus norvegicus) yang ditemukan hampir di semua negara dan merupakan suatu organisme model yang penting dalam biologi; juga merupakan hewan peliharaan yang populer.

Jenis-jenis tikus:
1. Mencit (Mus sp.)
2. Tikus rumah (Rattus rattus)
3. Tikus got (Rattus norvegicus)
4. Tikus sawah (Rattus argentiventer)
Tikus Got


Kejadian ini menimpa saya, sabun mandi saya dimakan tikus dan tinggal setengahnya. Awalnya saya tak menyadarinya saya perhatikan dengan seksama bekas gigitan di sabun saya mirip bekas gigitan tikus. Awalnya saya penasaran, kenapa sih si tikus makan sabun, apakah tikus tidak mati karena keracunan sabun? Penasaran saya lah yang membuat saya menulis tulisan ini. Pertama-tama, saya mencari di Google. Menurut sumber yang terkait, menyatakan bahwa sabun mengandung lemak, baik dari tumbuhan dan hewan untuk lebih jelasnya dapat diperdalam di kimia, namun yang pasti sabun mengandung lemak, dan lemak inilah yang membuat tikus suka dan memakannya. Namun tikus juga dapat memilih mana sabun yang kaya akan lemak dan tidak, jika tikus memakan sabun dengan kadar disinfektan/antibakteri dengan kadar yang tinggi dapat membunuh tikus itu sendiri karena keracunan.

Tikus juga termasuk binatang pengerat, jadi tikus suka memakan benda-benda yang menurut ia enak untuk dimakan dan memenuhi nafsu mengeratnya.


Perbuatan tikus ini memang mengesalkan, betapa tidak jika kita sangat butuh sabun dan sabun kita dimakan tikus, mau memakainya pun jijik atau apalah, oleh karena itu saya mempunyai trik untuk menghindarkan sabun kita dimakan tikus, yaitu:
1. Letakkan sabun di tempat sabun khusus.
2. Hindari meletakkan sabun di luar ruangan atau kamar mandi.
3. Pakailah sabun dengan kadar disinfektan yang tinggi, karena sabun ini tidak disukai tikus.
3. Yang paling penting adalah menjaga kebersihan, terutama kebersihan rumah dan kamar mandi.

Semoga bermanfaat...

Rujukan:
http://www.iniunik.web.id/2011/04/kenapa-tikus-makan-sabun-inilah.html#axzz1gu4i91FP
http://id.wikipedia.org/wiki/Tikus

9 komentar:

  1. Po'o bang ?
    Sabunmu po d pangan tikus ?
    po bok pangan dewe ?

    BalasHapus
  2. itu khan menunjukkan bahwa barang-barang yang bisa dimakan oleh tikus hampir tidak ada,, sehingga tikus tersebut beralih memakan sabun..

    nah hal ini berarti bahwa tikus tersebut telah kehabisan stok makanannya, atau jumlah mereka yang terlalu banyak sehingga mereka beralih makan sabun.

    banyaknya tikus ini pasti karena lingkungan yang kurang menyehatkan,, intinya ini salah anda karena tidak dapat menjaga lingkungan anda..

    dan satu solusi terhadap masalah anda ..
    pakai sabun cair saja

    BalasHapus
  3. tak kiro ape nyanyi....
    hahah
    tikus makan sabun.
    btw nice info gan :)

    BalasHapus
  4. Saranyya sudah tak pakai bung Huda, trims

    BalasHapus
  5. Nggak perlu dibaca, dari judulnya saja sudah bisa saya simpulkan

    BalasHapus
  6. eh, beneran tikus makan sabun??
    ndak keracunan??
    tak kira itu hanya sekedar lagu lo =.=

    BalasHapus
  7. @zwharei : g baca sampai tuntas ya, makanya baca dulu..

    BalasHapus
  8. hmmmm harus pintar2 menyembunyikan dari tikus....

    BalasHapus

Mari kita biasakan untuk tidak COPAS, dan tinggalkan komentar untuk blog ini. Terima kasih